Fase Perencanaan Proyek TI


penjadwalan (schedulling)

PERENCANAAN PROYEKMANAJEMEN PROYEKBAGIAN DARIPembagianPengalokasianpenjadwalan (schedulling)Pekerjaan dalamlingkup proyekPEOPLEPRODUCTSistem Informasiyang efektif (4P)4+1PPROCESSPROJECTPLANNING

3 FASE PERENCANAANRencana proyek merupakan pedoman dasar agar proyek dapat diarahkan untuk tetap berada dalam anggaran, sesuai dengan lingkup yang telah ditentukan dan selesai pada waktunya.Tujuan perencana proyek adalah untuk menyediakan suatu kerangka kerja bagi manajer proyek agar dapat menyusun estimasi yang baik untuk kebutuhan sumber daya, biaya dan jadwal.Setelah lingkup proyek (project scope) ditentukan dalam project character, selanjutnya dapat melakukan pendalaman terhadap estimasi durasi pelaksanaan dari masing-masing satuan kerja (task) dan mengelompokkannya dalam work breakdown structure.

4 PERBEDAAN PERENCANAAN PROYEK RENCANA PROYEK
Adalah aktivitas awal sebelum tahap implementasi atau pengembangan.Dalam aktivitas ini belum dilakukan hal-hal teknis yang terkait dengan pengembangan sistem informasi, seperti desain dan pemrograman.Aktivitas ini meliputi beberapa rencana yang harus dibuat sebagai pedoman secara manajemen dalam pelaksanan fase berikutnya.Adalah salah satu dari rencana yang harus dibuat dalam perencanaan proyek.Merupakan salah satu dari hasil aktivitas perencanaan proyek.

5 Rencana-rencana yang harus disiapkan dalam perencanaan proyek
RENCANA PROYEKRENCANA SUMBERDAYA MANUSIARENCANA KEUANGANRENCANA KUALITASRENCANA RESIKORENCANA PENERIMAANRENCANA KOMUNIKASIRENCANA PENGADAAN

6 RENCANA PROYEKWork Breakdown Structure (WBS) adalah penguraian atau pembagian proyek secara detail menjadi aktivitas yang hierarkis, dimana setiap aktivitas ini akan dialokasikan kepada pelaksanaan masing-masing.Sebuah proyek yang merupakan sebuah pekerjaan ‘besar’ akan dibagi-bagi menjadi task yang lebih kecil.Setiap task kemudian dialokasikan pelaksanaanya kepada anggota tim yang bertanggung jawab untuk menyelesaikannya.

7 Project character adalah pedoman dan dasar bagi pelaksanaan proyek, mulai dari fase perencanaan sampai ke fase-fase berikutnya.Selanjutnya, yang harus ditentukan dalam pekerjaan-pekerjaan dalam proyek yang akan diuraikan dengan menggunakan metode WBS.Setiap proyek sistem informasi memiliki metode khusus mulai dari awal pengembangan sampai produk jadi, yang disebut dengan siklus hidup pengembangan sistem (system development life cycle – SDLC)

8 WORK BREAKDOWN STRUCTURE
WBS berbentuk struktur pohon yang menunjukkan bagian dari pekerjaan yang diperlukan untuk mencapai tujuan.Dalam proyek, WBS biasanya dimulai dengan tujuan akhir yang hendak dicapai, lalu membaginya menjadi komponen-komponen yang dapat dikelola dalam hal ukuran, durasi, dan penanggung jawab.

9 Prinsip dalam menjalankan WBS
Aturan 100%Hubungan antara bagian ekslusifRencana hasil yang ingin dicapai, bukan pelaksanaannya.Tingkatan detailKomponen terminal

10 ESTIMASIEstimasi menentukan perencanaan dalam mencapai waktu penyelesaian proyek sesuai dengan kesepakatan sehingga pada akhirnya menentukan penilaian orang lain terhadapkehandalan dan kompetensi sebagai manajer proyek.Dalam proyek yang dikerjakan bagi pihak ketiga, estimasi juga menentukan perhitungan terhadap biaya pelaksanaan proyek yang pada akhirnya menentukan nilai jual proyek, sehingga hal ini menentukan profitabilitas proyek.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
SISTEM KOMPUTER