SISTEM PAKAR BERBASIS ATURAN-ATURAN

 

Sistem Pakar (Kusrini, 2004) Adalah sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Sistem pakar ini dapat berisi pengetahuan (knowledge) dari satu atau lebih pakar. Pengetahuan ini digunakan sebagai dasar oleh sistem pakar untuk menjawab pertanyaan (konsultasi). Komponen-komponen Sistem Pakar, ada 3 komponen utama: 1. User interface. Media yang digunakan oleh sistem pakar untuk berhubungan input (menerima data dan pertanyaan konsultasi) dan output (menghasilkan jawaban) dengan pemakainya. Umumnya interface yang dipakai oleh sistem pakar adalah keyboard dengan monitor.Di masa depan, penghubung ini harus dalam bentuk multimedia, sehingga pemakai sistem dapat berhubungan dengan sistem pakar lewat komunikasi suara. 2. Inference engine Adalah perangkat lunak di sistem pakar yang digunakan untuk mengevaluasi aturan-aturan (rules) yang disediakan oleh knowledge base dengan urutan-urutan tertentu untuk memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pemakai sistem dan alasan-alasan konsultasi dengan pemakai sistem. Interface engine dapat dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman umum. 3. Knowledge base (basis pengetahuan) Knowledge base dibentuk dari aturan-aturan (rules) yang saling berkaitan. Rules ini merupakan kumpulan dari kepandaian pakar. Jika kepandaian seorang pakar belum didokumentasikan, maka diperlukan ahli khusus untuk dapat mengambilnya. Orang yang ahli dibidang mengambil pengetahuan dari pakar disebut dengan knowledge engineer. Proses dari pengambilan ini disebut dengan knowledge engineering atau knowledge acquisition atau knowledge extraction.

Sistem pakar berbasis aturan (rule based expert system) adalah sistem pakar yang menggunakan kaidah atau aturan (rules) untuk merepresentasikan pengetahuan di dalam basis pengetahuannya (Muhammad Arhami, 2005), Suatu Rule Terdiri dari 2 bagian, yaitu: 1. Antecedent, yaitu bagian yang mengekspresikan situasi atau premis (Pernyataan berawalan IF) 2. Konsekuen, yaitu bagian yang menyatakan suatu tindakan tertentu atau konklusi yang diterapkan jika situasi atau premis bernilai benar (Pernyataan berawalan THEN). Misalnya: IF lalulintas pagi ini macet THEN saya naik sepeda motor saja.

Adapun kelebihan Sistem Pakar Berbasis Aturan adalah: a. Meningkatkan output dan produktivitas, karena Sistem Pakar dapat bekerja lebih cepat dari manusia. b. Meningkatkan kualitas, dengan memberi nasehat yang konsisten dan mengurangi kesalahan. c. Mampu menangkap kepakaran yang sangat terbatas. d. Dapat beroperasi di lingkungan yang berbahaya. e. Memudahkan akses ke pengetahuan. f. Handal, Sistem Pakar tidak pernah menjadi bosan dan kelelahan atau sakit. Sistem Pakar juga secara konsisten melihat semua detil dan tidak akan melewatkan informasi yang relevan dan solusi yang potensial. g. Meningkatkan kapabilitas sistem terkomputerisasi yang lain. Integrasi Sistem Pakar dengan sistem komputer lain membuat lebih efektif, dan mencakup lebih banyak aplikasi . h. Mampu bekerja dengan informasi yang tidak lengkap atau tidak pasti. Berbeda dengan sistem komputer konvensional, Sistem Pakar dapat bekerja dengan inofrmasi yang tidak lengkap. Pengguna dapat merespon dengan: “tidak tahu” atau “tidak yakin” pada satu atau lebih pertanyaan selama konsultasi, dan Sistem Pakar tetap akan memberikan jawabannya. i. Mampu menyediakan pelatihan. Pengguna pemula yang bekerja dengan Sistem Pakar akan menjadi lebih berpengalaman. Fasilitas penjelas dapat berfungsi sebagai guru. j. Meningkatkan kemampuan problem solving, karena mengambil sumber pengetahuan dari banyak pakar. k. Meniadakan kebutuhan perangkat yang mahal. l. Fleksibel. m. Ekspresi yang alamiah (natural). n. Bagian Pengendali yang terpisah dengan Pengetahuan. o. Modularitas Pengetahuan p. Mudah melakukan ekspansi system q. Menggunakan pengetahuan yang relefan r. Dapat menggunakan Pengetahuan Heuristik s. Dapat menggunakan Pengetahuan yang Uncertainty (tidak pasti). 

(sumber) https://slideplayer.info/

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Manajement Proyek IT